400 Bad Request
400 Bad Request
Please forward this error screen to 109.203.124.146's WebMaster.

Your browser sent a request that this server could not understand:

  • (none)/orgds7.txt (port 80)

NEWS & EVENTS

Digital Data Model

3D Laser Scanning : Sebuah Teknologi Revolusioner Untuk Arsitektur

> BACK
September 2, 2014

3D Laser Scanning : Sebuah Teknologi Revolusioner Untuk Arsitektur dan Perencanaan Renovasi Bangunan

By Laser Scanning Architecture

 

Digital Data Model

Banyaknya analisa yang dapat dilakukan membuat 3D laser scanning sangat menarik ketika melakukan survei secara detail, bahkan untuk struktur bangunan yang paling kompleks sekalipun. Berkat solusi hardware dan software yang modern maka biaya jasa scanning kini cukup terjangkau untuk dapat bersaing dengan metode pengukuran manual.

Coventry, Februari, 2013 – FARO Technologies, Inc (NASDAQ: FARO): Sebuah data pengukuran yang lengkap dan dapat diandalkan sangat diperlukan dalam tahap pengukuran dan perencanaan bangunan, dan dalam merencanakan renovasi – baik untuk ruang interior atau fasilitas outdoor. Karena akurasi dari sebuah pengukuran merupakan dasar untuk seluruh perencanaan, sedangkan inventaris survei  pengolahan sederhana dalam bentuk 2D sekarang tidak lagi cukup memadai dalam kebanyakan kasus.

Contoh pekerjaan yang dilakukan sebuah perusahaan arsitek  “Laser Scanning Architecture” menunjukkan bagaimana kesalahan perencanaan dapat dihindari dan efisiensi proyek meningkat dengan menggunakan Focus3D laser scanner dari FARO. Kantornya  yang terletak di Hannover bertugas memeriksa gambar-gambar yang ada pada sebuah bangunan perkantoran. Tugas ini mengharuskan data gambar harus dibandingkan dengan situasi as-built. Pengukuran cangkang gedung untuk direnovasi dilakukan dengan FARO Focus3D laser scanner. Arsitek Johannes Rechenbach membuat 30 scan individual hanya dalam waktu lima jam, yang secara komprehensif mendokumentasikan 2.800 meter persegi permukaan façade dan 1.500 meter persegi luas lantai dalam bentuk 3D.

Kebanyakan perusahaan arsitektur masih bekerja dengan data 2D saat ini. Akibatnya, banyak menimbulkan distorsi pada file 2D tersebut, padahal ini sangat penting sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan ruang interior serta fasilitas outdoor. Gambar lengkap 2D, seperti rencana lantai, lintas-bagian dan elevasi, juga dapat dibuat dari data pemindaian tiga dimensi yang dihasilkan dengan FARO Focus3D. Data Ini kemudian dapat diimpor dan secara skala dapat disesuaikan ke dalam program CAD. Hal ini memudahkan untuk membandingkan status perencanaan dengan bangunan yang ada: kesalahan perencanaan dapat terdeteksi dalam waktu yang lebih singkat dan dapat diperbaiki sebelum tahap konstruksi dimulai. Hal ini menghindari risiko yang cukup besar dan memastikan bahwa persyaratan utama terkait akurasi dan efisiensi telah dipenuhi.

Dalam contoh spesifik dari survei gedung perkantoran tersebut, perbedaan yang signifikan tampak dari penggunaan metode laser scanning. Dibandingkan dengan rencana CAD yang ada, perbedaan yang jelas dapat secara mudah dideteksi pada bangunan yang sebenarnya, bahkan di wilayah tengah atau dalam bangunan dan dinding eksterior luar.

Jika perbedaan tersebut baru terdeteksi pada saat pekerjaan konstruksi sedang dilaksanakan, biaya tambahan yang signifikan mungkin akan terjadi, dan kerugian fungsional dalam desain bisa muncul. Sebaliknya, kepastian perencanaan yang diperlukan dapat dicapai dalam waktu yang singkat melalui pengukuran 3D yang diambil dengan FARO laser scanner. Perbedaan antara dimensi yang ada dapat direncanakan pada semua lantai properti ini sebesar kira-kira 30 meter persegi. Jika ada kerugian kehilangan luas lantai, dapat diidentifikasi dan dikomunikasikan segera. Keakuratan hasil pengukuran dengan FARO Focus 3D juga akan digunakan untuk pengukuran façade. Berikut ini adalah analisis dibandingkan dengan metode pengukuran  manual pada sebuah titik sampel, dimana ditemukan bahwa jika akurasi dibutuhkan tidak boleh lebih dari 5 milimeter, maka tidak bisa secara konsisten dicapai dengan pengukuran secara manual, dimana perbedaannya mencapai antara 0 sampai 15 milimeter. Walaupun, hasilnya bisa saja dioptimalkan lebih jauh lagi dengan menggunakan tachometric kalibrasi secara paralel, tetapi ini akan membutuhkan cukup banyak waktu.

Difference between Survey Door

Pengecekan secara visual sebuah grid aksial, ambang kettinggian dan detail poin dapat dilakukan pada tahap awal perencanaan menggunakan overlay dari scan data  dan rencana façade yang diukur secara manual. Hal ini juga menunjukan bantuan berharga dalam menghindari kesalahan perencanaan dan menjamin proses pembangunan yang baik. Hasil pengukuran dari FARO Focus 3D memperlihatkan kolom baja dari struktur atap bangunan ini ( lihat gambar 2) tidak berada di posisi tengah diatas kolom batuan dari lantai dasar. Dengan diketahuinya hal ini maka cladding kolom di atap sekarang bisa diposisikan off-center untuk mencapai penampilan façade seragam yang diinginkan
USP ( Uniqe Selling Point)  3D laser scanning dengan Focus3D dibandingkan dengan metode pengukuran lainnya terletak pada kemampuannya untuk melakukan survei terpadu kondisi yang ada dan membuat data multi-fungsional analisis. Axonometric atau perspektif dilihat dari sudut pandang apapun dapat dihasilkan dari scan. Animasi video dapat dibuat dengan pandangan kamera yang dapat diubah-ubah. Isi scan 3D juga membentuk database untuk banyak pilihan visualisasi yang inovatif.

Faro Focus 3D juga dapat menjadi bagian dari pengamanan asset atau data bukti, 3D scan dengan FARO Focus3D berfungsi untuk membuktikan dan menggambarkan kerataan komponen bangunan. Misalnya, daerah yang terlihat pada warna merah adalah 2,5 cm di depan bidang acuan. Daerah berwarna biru adalah 2,5 cm di balik itu. Hal ini memungkinkan keadaan bangunan untuk secara akurat dan tak diragukan didokumentasikan, bahkan setelah bertahun-tahun pandangan 360° panorama fotografi berkualitas dapat dibuat dengan perangkat lunak FARO SCENE, yang memungkinkan analisis visual dan geometris properti. Jumlah data yang begitu besar  juga dapat disiapkan walalupun kita berada jauh dari area konstruksi. Kunjungan ke gedung untuk pengukuran tindak lanjut yang diperlukan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan sangat mudah dan menghemat waktu dan uang. Sebagai bagian proses tender, perusahaan yang berpartisipasi dapat melihat panorama resolusi tinggi di Internet, yang memungkinkan mereka untuk mengajukan tawaran secara akurat untuk dihitung. Hal ini juga mengurangi biaya konstruksi. Panorama 3D ini juga dapat diintegrasikan ke dalam website  kantor arsitek atau klien.

FARO 3D User Conference

Jika anda ingin melihat dan mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai Faro Focus 3D, silahkan ikuti acara “Faro 3D User Conference” yang akan diadakan pada hari Senin tanggal 24 November 2014, pada acara ini akan hadir para ahli dan praktisi di bidang 3D dokumentasi, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi dan daftarkan diri anda ke http://www.3d-userconference.com/

Conference Logo

 

 

Tentang Laser Scanning Architecture

Rechenbach_focus_kl-300x296

Tentang Laser Scanning Architecture

Dipl.-Ing. Johannes Rechenbach, Architekt BDA, memiliki kantor arsitektur sendiri selama lebih dari 12 tahun. Memiliki spesialisasi pada kegiatan arsitektur umum dan bangunan pengukuran dengan 3D laser scanning, dan menawarkan layanan pemindaian dengan FARO Laser Scanner. Juga mendukung pengguna yang sudah memiliki FARO Focus 3D sendiri atau berniat untuk membeli selama berjalannya proyek pemindaian di area mereka atau selama pengolahan data.

 

Sumber :

http://www.faro.com/products/3d-surveying/laser-scanner-faro-focus-3d/case-studies/2013/02/15/laser-scanning-revolutionises-architecture-and-the-building-industry

Back to TOP